TENTANG FORPI
Pencapaian
prestasi olahraga Indonesia ditahun 2018 cukup membanggakan,
Indonesia
menutup manis gelaran Asian Games 2018 yang diselenggarakan pada
tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018 itu dengan menempati posisi keempat
klasemen perolehan medali. Sampai hari terakhir, Tim Indonesia berhasil
mencetak 31 medali emas, 24 perak dan 43 perunggu dengan total medali 98.
Gairah prestasi ini berdampak pada
lingkungan pendidikan dalam membangkitkan potensi peserta didik di sekolah/
perguruan tinggi untuk berprestasi bidang olahraga. Model sesungguhnya sudah
ditampilkan oleh para atlit kontingen Asian Games yang mampu mengharumkan nama
besar Negara Republik Indonesia.
Ada dua hal yang perlu menjadi
perhatian dalam pengembangan prestasi melalui dunia pendidikan baik satuan
pendidikan sekolah maupun di perguruan tinggi. ; yang pertama adalah peran
seorang guru/ dosen/ Pembina olahraga dalam membuat skenario pembelajaran serta
metode pembelajaran/ latihan olahraga di kelas; yang ke dua adalah memperbanyak
wadah ekspresi minat dan bakat olahraga dalam kegiatan, festival dan kompetisi
olahraga untuk peserta didik.
Forum Olahraga Pendidikan Indonesia
(FORPI) terbentuk untuk ikut mengambil peran dalam pengembangan gairah olahraga
Indonesia khususnya dilingkungan pendidikan. FORPI berupaya untuk memfasilitasi
para penggerak olahraga pendidikan (Guru/ Dosen/ Pembina Olahraga) mendapatkan
pendidikan dan pelatihan tentang metode belajar/ latihan olahraga serta
memfasilitasi para peserta didik jenjang sekolah maupun perguruan tinggi dalam
sebuah kegiatan, festival dan kompetisi.
Kami berharap peran serta kami dapat
mempengaruhi potensi dan sikap optimis masyarakat dalam pencapaian prestasi
olahraga Indonesia di pertandingan tingkat internasional berikutnya. Karena
kami percaya bahwa dengan pengembangan sumber daya manusia dan memperbanyak
kegiatan para pelaku olahraga pendidikan dalam bentuk kegiatan, festival dan
kompetisi dapat membuat para pelaku olahraga semakin terlatih baik fisik dan
mentalnya.
Komentar
Posting Komentar